Bedah Perbedaan Mesin Verza Saat Ditempel ke Honda CRF150L

Sumber artikel dari: https://dapurpacu.com/362164/bedah-perbedaan-mesin-verza-saat-ditempel-ke-honda-crf150l/?utm_source=bph

BANDUNG (DP) – Kendati dikatakan motor trail 150cc terbaru PT Astra Honda Motor (AHM) menggendong platform mesin Verza 150, tapi tidak lantas secara “bulat” dipasangkan di rangka Honda CRF150L. Karena kebutuhan yang berbeda, Honda telah melakukan penyesuaian dan penyempurnaan sejumlah komponen. Apa saja itu?

“Perbedaannya ada pada silinder head, per klep, piston, camshaft dan crankcase-nya. Perbedaan itu didasari atas karakter mesin CRF ini power band (distribusi tenaga) mengandalkan di putaran mesin bawah dan tengah,” ungkap Sarwono Edhi, Senior Analyst New Model Service & Publication Dept PT, Astra Honda Motor, di Bandung, Rabu (15/11).

Lebih lanjut, pria akrab disapa Edi itu menjelaskan, bahwa camshaft-nya berbeda durasinya, disesuaikan dengan penggunaan power band di CRF150L yang rata-rata bermain di putaran mesin bawah dan tengah.

Selain itu, sistem injeksi (PGM-FI) milik CRF150L memiliki sensor unit yang lebih komplit, seperti IAT (Intake Air Temp), MAP (Manifold Absolute Pressure), IACV (Idle Air Control Valve) dan TPS (Throttle Position Sensor).

Tidak itu saja, perbedaan lainnya ada pada rasio gear. Jika pada Honda Verza rasio gearnya 14/41, sedangkan rasio gear pada CRF 150 ini 15/49, sehingga dengan formasi seperti itu dapat mendukung distribusi tenaga di putaran awal dan tengah. [dp/Hml]

Kunjungan

Link Terkait

Prestasi Kami

ps

Kalender Event Bulanan

calendar1